Sabtu, 28 Juni 2025

Membuat Sinopsis Buku yang Menarik Perhatian Editor: Panduan Strategis untuk Penulis oleh Aco Nasir, S.Pd.I., M.Pd

Menulis

Pendahuluan

Bagi seorang penulis, menulis naskah buku hanyalah sebagian dari perjalanan menuju penerbitan. Salah satu tahapan penting yang menentukan apakah naskah tersebut akan dibaca lebih lanjut oleh penerbit adalah sinopsis buku. Sinopsis bukan hanya ringkasan isi, melainkan “tampilan muka” dari sebuah karya yang bisa menentukan nasib naskah—diterima atau ditolak.

Editor penerbit biasanya menerima puluhan hingga ratusan naskah setiap bulannya. Dalam kondisi seperti ini, sinopsis menjadi alat utama untuk menarik perhatian mereka. Sinopsis yang kuat, jelas, dan menggugah dapat membuat editor tertarik membuka halaman pertama naskah. Artikel ini akan membahas strategi membuat sinopsis buku yang efektif, menarik, dan sesuai standar industri penerbitan, serta menjelaskan komponen-komponennya secara rinci.

 

1. Apa Itu Sinopsis Buku dan Mengapa Penting?

Sinopsis buku adalah ringkasan singkat yang merangkum inti cerita, konflik, karakter, dan arah penyelesaian dalam sebuah buku fiksi, atau poin-poin utama dalam buku nonfiksi. Tujuan utama sinopsis adalah memberi gambaran cepat kepada editor atau penerbit tentang isi dan daya tarik buku tersebut.

Menurut Maass (2011), sinopsis bukan hanya merangkum isi buku, tetapi juga menunjukkan kemampuan penulis dalam menyampaikan ide secara ringkas dan meyakinkan.

“A strong synopsis is not only a summary, but also a sales pitch.” (Maass, 2011, p. 143)

 

2. Perbedaan Sinopsis Fiksi dan Nonfiksi

a. Sinopsis Fiksi

Untuk novel dan cerpen, sinopsis harus mencakup:

·         Karakter utama dan konflik yang mereka hadapi

·         Latar tempat dan waktu

·         Alur utama dari awal hingga akhir (termasuk resolusi)

·         Nada atau gaya penceritaan

b. Sinopsis Nonfiksi

Untuk buku pengembangan diri, sejarah, atau panduan praktis, sinopsis harus mencakup:

·         Permasalahan atau kebutuhan pembaca yang ingin dijawab

·         Struktur isi buku (jumlah bab dan isi pokoknya)

·         Manfaat konkret bagi pembaca

·         Kredibilitas penulis dalam bidang tersebut

 

3. Komponen Utama Sinopsis yang Efektif

Menurut agent literasi Anita Rogers (2018), sinopsis yang baik umumnya terdiri dari 300–500 kata, ditulis dalam satu atau dua halaman, dan mencakup elemen berikut:

a. Pembuka yang Memikat

Kalimat pertama sinopsis harus mampu menggugah minat. Di sini, penulis bisa menyampaikan premis utama atau pertanyaan besar dari naskahnya.

Contoh:

“Bagaimana jika seluruh kenangan Anda dapat diperdagangkan?”
Kalimat ini langsung menyiratkan konflik dan keunikan cerita.

b. Penjelasan Ringkas tentang Karakter dan Alur (untuk Fiksi)

Sampaikan siapa tokoh utama, apa yang mereka inginkan, rintangan apa yang mereka hadapi, dan bagaimana mereka mengatasinya. Gunakan gaya naratif yang menggambarkan emosi dan tensi.

c. Struktur dan Manfaat (untuk Nonfiksi)

Jika buku nonfiksi, tampilkan garis besar isi buku dan solusi apa yang ditawarkan. Jelaskan mengapa buku ini penting dibaca, dan siapa target pembacanya.

d. Penutup yang Menguatkan

Akhiri dengan pernyataan penutup yang kuat, bisa berupa ringkasan pesan utama, nilai jual unik, atau daya tarik emosional buku Anda.

“Pada akhirnya, ini bukan hanya cerita tentang cinta dan kehilangan, tetapi tentang bagaimana kita memaafkan diri sendiri untuk bertumbuh.”

 

4. Strategi Menulis Sinopsis yang Menarik Editor

a. Tulis dalam Suara Ketiga dan Gaya Naratif

Meskipun sinopsis ditulis oleh penulis sendiri, sinopsis fiksi biasanya ditulis dalam sudut pandang orang ketiga (third person narrative), dan menggunakan gaya naratif seperti menceritakan kisah, bukan sekadar daftar isi.

“Siti, seorang janda muda di pelosok Sulawesi, menghadapi dilema ketika….”

Ini memberikan kesan sinopsis seperti cerita, bukan laporan.

b. Hindari Kalimat Klise dan Hiperbola Berlebihan

Kalimat seperti “ini adalah kisah paling menyentuh yang pernah ditulis” atau “cerita ini akan mengubah hidup Anda” sebaiknya dihindari karena tidak memberikan informasi konkret.

c. Jangan Membuat Misteri Berlebihan

Sinopsis bukan blurb belakang buku. Editor butuh mengetahui akhir cerita untuk menilai kekuatan plot. Jadi, untuk sinopsis fiksi, selalu bocorkan ending-nya.

d. Fokus pada Uniqueness (Keunikan)

Apa yang membuat buku ini berbeda dari buku sejenis? Tampilkan elemen pembeda, baik dari tema, latar, pendekatan penulisan, atau gaya bahasa.

Menurut Bell (2015), editor mencari "fresh voice and unique angle on familiar themes."

 

5. Kesalahan Umum dalam Menulis Sinopsis

Berikut beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan penulis:

·         Terlalu panjang dan bertele-tele

·         Hanya berupa daftar isi atau daftar karakter

·         Tidak menjelaskan resolusi cerita

·         Menggunakan bahasa teknis atau jargon berlebihan

·         Terlalu emosional atau promosi berlebihan

·         Tidak sesuai format yang diminta oleh penerbit

 

6. Contoh Sinopsis Fiksi dan Nonfiksi

Contoh Sinopsis Fiksi:

Judul: "Langit di Ujung Senja"
Saras, seorang gadis nelayan dari Pulau Seruni, bermimpi menjadi pelukis terkenal. Ketika seorang fotografer ibu kota datang ke pulaunya, hidup Saras berubah. Namun, antara impian dan kenyataan, ia harus memilih: keluarga yang dicintainya atau kebebasan yang ia impikan. Melalui perjalanan penuh warna dan pengkhianatan, Saras menemukan makna sejati dari rumah. Novel ini menggugah perasaan tentang cita-cita, pengorbanan, dan keberanian perempuan dalam menghadapi dunia yang terus berubah.

Contoh Sinopsis Nonfiksi:

Judul: "30 Hari Menulis Buku untuk Pemula"
Buku ini adalah panduan praktis bagi siapa saja yang ingin menulis buku dalam waktu singkat. Dengan pendekatan sederhana dan studi kasus nyata, buku ini membahas bagaimana merancang outline, mengatasi writer’s block, hingga menerbitkan karya secara mandiri. Ditulis oleh seorang penulis produktif dengan pengalaman menerbitkan 15 buku, buku ini menjadi teman ideal bagi para penulis pemula, pelajar, maupun profesional yang ingin mendokumentasikan ide mereka dalam bentuk buku.

 

7. Menyesuaikan Sinopsis dengan Permintaan Penerbit

Setiap penerbit memiliki kebijakan berbeda mengenai sinopsis. Beberapa meminta sinopsis satu halaman, sementara yang lain ingin ringkasan tiap bab. Pastikan untuk membaca pedoman penerbit terlebih dahulu sebelum mengirimkan naskah.

Checklist Sebelum Mengirim Sinopsis:

·         Sudah sesuai jumlah kata yang diminta

·         Sudah ditulis dalam bahasa yang menarik dan profesional

·         Tidak ada kesalahan ketik atau tata bahasa

·         Menyertakan identitas penulis dan latar belakang singkat (jika diminta)

 

8. Sinopsis sebagai Bagian dari Proposal Buku

Dalam banyak kasus, terutama untuk buku nonfiksi, sinopsis adalah bagian dari proposal buku yang juga memuat:

·         Tujuan penulisan

·         Target pembaca

·         Analisis buku serupa

·         Rencana promosi

·         Sampel isi atau bab

Menurut Caughie (2013), proposal buku yang kuat akan membantu editor menilai bukan hanya isi naskah, tetapi juga potensi pasar dan keseriusan penulis.

 

Kesimpulan

Sinopsis buku bukan hanya ringkasan, melainkan alat penentu nasib naskah di mata penerbit. Menulis sinopsis yang menarik, jelas, dan menggambarkan kekuatan utama buku sangat penting untuk menarik perhatian editor. Penulis harus mengembangkan keterampilan menyusun sinopsis layaknya membuat elevator pitch—padat, meyakinkan, dan menyentuh sisi emosional sekaligus intelektual editor.

Dengan memahami perbedaan antara sinopsis fiksi dan nonfiksi, menerapkan teknik naratif yang efektif, dan menghindari kesalahan umum, penulis akan meningkatkan peluang bukunya diterbitkan secara signifikan. Ingat, sinopsis yang kuat bisa membuka pintu besar menuju dunia penerbitan.

 

Daftar Pustaka

·         Bell, J. S. (2015). The Art of War for Writers: Fiction Writing Strategies, Tactics, and Exercises. Cincinnati, OH: Writer’s Digest Books.

·         Caughie, P. L. (2013). Writing a Book Proposal: A Step-by-Step Guide. University of Illinois Press.

·         Maass, D. (2011). Writing the Breakout Novel. Cincinnati, OH: Writer’s Digest Books.

·         Rogers, A. (2018). From Query to Contract: How to Craft Winning Submissions. New York: LitAgent Publishing.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar